Selamat Datang di GROSIR FUN toko online jual aneka produk dengan harga GROSIR.

Cara Menggoreng Rengginang


Tips Cara Menggoreng Rengginang untuk UKM pemula yang masih baru dalam membuka usaha Rengginang, berikut kami berikan tipsnya:

Cara menggoreng rengginang sebetulnya sedikit berbeda dengan cara penggorengan umumnya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik (rengginang bisa mekar dengan baik sehingga renyah tidak bantat), rengginang harus digoreng satu per satu sambil ditekan dan digoyang-goyangkan di dalam wajan yang berisi minyak panas.  Lalu bagaimana cara meningkatkan effisiensinya ? 

Gunakan jurus One for Two System atau One for Three System. Artinya dalam satu wajan penggoreng dikepung oleh 2 atau 3 orang penggoreng. Bagaimana ini mungkin terjadi ? . Pada One for Two system, satu wajan dikepung oleh 2 orang pekerja yang saling berhadapan  sedangkan pada One for Three System satu wajan dikepung oleh 3 orang pekerja yang saling berhadapan membentuk segitiga sama sisi. Yang harus diperhatikan adalah 
  1. ukuran wajan harus cukup besar,
  2. ukuran kompor menyesuaikan besarnya, sebaiknya gunakan kompor gas sembur yang biasa digunakan oleh penjual mie ayam,
  3. Masing-masing pekerja penggoreng harus disediakan rengginang mentah yang akan digoreng dan dilengkapi dengan 1 set alat penggoreng sendiri, yaitu sothil, serok, wadah penampung.
  4. Masing-masing pekerja bertanggungjawab terhadap tugasnya masing-masing, meskipun bekerja pada wajan yang sama.
Dengan system tersebut, bahan bakar dan waktu penggorengan menjadi lebih effisien, sehingga kapasitas penggorengan meningkat 2-3 kali lipat. Sepengetahuan saya, model penggorengan ini telah digunakan di beberapa industri kecil rengginang singkong di Bojonegoro Jawa Timur dan rengginang beras ketan di Muntilan Jawa Tengah.